Ramadhan. Siapa Sangka?

Gambar dari solidwalpapers.com

Gambar dari solidwalpapers.com

Awalnya aku berpikir, Ramadhan tahun ini akan sepi
Tak ada kehangatan seorang Ayah yang setia menyaksikanku selesai santap sahur
Lalu baru ia mulai menyantap makanannya
Karena khawatir aku kekurangan

Siapa sangka?
Hari pertama dalam rangkaian 10 malam terakhir di Ramadhan beberapa tahun silam,
Beliau meninggalkanku, Ibuku, dan kakak-kakakku
Instan kedua kelopak mata kami tak tertahankan lagi untuk lahirkan air mata penyesalan
Sebab, tidak ada satu pun dari kami yang menemaninya hingga ia menutup mata
Seorang diri terpisah oleh Laut Jawa

Lagi-lagi, siapa sangka?
Kepiluan ini mulai beranjak pergi
Rasa sepi perlahan kembali mulai terisi
Kini, di sisiku berjejer orang-orang hebat
Mereka yang setia menemani di saat aku merasakan perihnya hidup
Mereka pula yang setia menjadi tempat berbagi kegembiraanku di dunia
Tangki yang tadinya kosong, kini kembali beranjak penuh
Meskipun aku tahu ada ruang-ruang yang tetap tidak akan terisi

Kini aku sadar
Aku bukan lagi sebuah pulpen tanpa tinta yang tak berdaya
Di saat kembali ada indikasi kecewa, sedih, bingung, dan resah
Masih ada mereka yang membuktikan hipotesa andalanku
Bahwa Allah selalu beri kemudahan beriringan dengan masalah
Ya
Hanya perlu kita cari jalan untuk menemukannya

Kalian tahu?
Berkat mereka, aku yang berdosa ini dapat membagi sedikit keindahan dunia untuk dinikmati beragam pasang mata lainnya
Berkat mereka, aku bisa seperti ini
Terlebih sepasang bidadariku yang selalu membantuku terbang di saat aku mulai kelelahan
Ibu dan Istriku

Siapa sangka?

Leave a Reply

